Rabu, 20 April 2011

Cara Bandrek Flyback Monitor CRT

Disini akan coba saya jelaskan bagaimana cara mengganti flayback monitor yang biasanya haris dibandrek karena untuk mencari yang aslinya agak susah. Trik ini sudah lazim digunakan oleh para teknisi monitor dan sudah saya pakai selama bertahun tahun. Bahkan saya akui saya bisa kuliah yah gara - gara bandrek flayback hehehehe.

Beginini:
Flayback monitor pada dasarnya adalah trafo yang mana terdiri dari kumparan primer dan kumparan sekunder. kumparan primer biasanya terdiri dari 2 tau 3 kaki yang mempunyai atribut sbb:
1. Colector Input. 
2. Damper ( sering di kopel dengan Colector Input) 
3. B + 
Sedangkan untuk kumparan sekundernya ada 2 yang pertama adalah kumparan untuk tegangan tinggi yang outputnya diantaranya sbb:
1. HV 25 KV (ini bahaya jangan dipegang yoh)
2. Focus. 600 - 800 V (tegangan tinggi tapi arusnya rendah shg di pegang paling yoh rapopo)
3. Screen 150 - 300 V
4. ABL(Automatic Bright Land)
Sedangkan untuk kumparan sekunder yang kedua terdiri atas
1. AFC (Automatic Frequency Control) ini yang penting karena di AFC inilah kunci keberhasilan untuk bandrek flayback soalnya AFC selain berfungsi untuk mnegontrol frekuensi osc juga berfungsi untuk mengatur tegangan B+ untuk flaybach. SO yen ra pener tegangane mblandang TRe isoh mati bahkan sok pletek- pletek dadi yen sing ndandakne nunggoni dadi wedi yen mbledoz. hehehehe
2. G1 berfungsi untuk mengatur Brightnes kalo belum kepasang brightness ndak bisa diatur trus kalo monitor dimatiin nitik.
3 Ground.


Demikian dulu yoh selak dienteni anakku ngejak jajan 
Kapan 2 disambung lagi
Semoga Bermanfaat.

1 komentar:

  1. BetMGM launches mobile sports betting in Maryland - KTNV
    BetMGM, the parent 전라북도 출장마사지 company of BetMGM, is launching a 바카라 사이트 new sports 춘천 출장안마 betting app in 안성 출장샵 Maryland, launching its mobile sports betting 광명 출장마사지 app in the

    BalasHapus